Keindahan Candi Ceto dan Keindahan lereng Gunung LAwu

Candi Ceto berada di dusun Ceto,desa Gumeng,Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar,Jawa Tengah. Candi ini berada di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian 1496 m di atas permukaaan laut.

Pemugaran pada akhir 1970-an yang dilakukan sepihak oleh Sudjono Humardani, asisten pribadi Suharto (presiden kedua Indonesia) mengubah banyak struktur asli candi, meskipun konsep punden berundak tetap dipertahankan. Pemugaran ini banyak dikritik oleh para pakar arkeologi, mengingat bahwa pemugaran situs purbakala tidak dapat dilakukan tanpa studi yang mendalam. Beberapa objek baru hasil pemugaran yang dianggap tidak original adalah gapura megah di bagian depan kompleks, bangunan-bangunan dari kayu tempat pertapaan, patung-patung yang dinisbatkan sebagai Sabdapalon, Nayagenggong, Brawijaya V, serta phallus, dan bangunan kubus pada bagian puncak punden. (sumber id.wikipedia.org).

Caandi ini untuk wisatawan sangatlah menarik dengan udaranya yang sejuk dan berada di ketinggian sehingga bisa melihat kota dibawah nya. Selain itu sangat keren bila untuk berfoto-foto disitu.











Posting Komentar

0 Komentar