Kenapa kalau tidur Mengorok ?

 


Mengorok adalah suara yang dihasilkan oleh getaran jaringan lunak di saluran pernapasan atas saat tidur. Mengorok dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti posisi tidur, kelebihan berat badan, alergi, infeksi, atau gangguan tidur seperti sleep apnea. Mengorok dapat mengganggu kualitas tidur Anda dan pasangan Anda, serta meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Untuk mengatasi mengorok, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut:


- Ubah posisi tidur Anda. Tidur telentang dapat menyebabkan lidah dan jaringan lunak di tenggorokan Anda jatuh ke belakang dan menyumbat saluran udara. Cobalah tidur miring atau gunakan bantal khusus untuk mengangkat kepala Anda.

- Kurangi berat badan jika Anda kelebihan berat badan. Kelebihan lemak di leher dan dada dapat menekan saluran pernapasan Anda dan menyempitkannya.

- Hindari alkohol, obat-obatan, dan rokok sebelum tidur. Alkohol dan obat-obatan dapat membuat otot-otot tenggorokan Anda menjadi lebih rileks dan menyebabkan mengorok. Rokok dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan di saluran pernapasan Anda.

- Bersihkan hidung Anda sebelum tidur. Hidung tersumbat karena alergi atau pilek dapat mempersulit Anda bernapas melalui hidung dan membuat Anda bernapas melalui mulut, yang dapat menyebabkan mengorok.

- Gunakan alat bantu pernapasan jika Anda menderita sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang ditandai dengan berhentinya napas secara berulang-ulang saat tidur. Hal ini dapat menyebabkan mengorok yang keras dan berbahaya bagi kesehatan Anda. Alat bantu pernapasan seperti CPAP (continuous positive airway pressure) dapat membantu menjaga saluran pernapasan Anda tetap terbuka saat tidur.

Posting Komentar

0 Komentar